STP (Segmentasi, Targetting and Positioning)
Dalam strategi manajemen pemasaran diperlukan adannya suatu strategi awal yang harus dibuat agar dapat mencapai hasil pemasaran yang maksimal, dengan menggunakan strategi STP, sebagai berikut:
1. Segmentasi
Sebagai langkah awal kita harus membagi potensi pasar menjadi beberapa kelompok, berdasarkan beberapa hal; berdasarkan umur, pendidikan, ekonomi, jenis kelamin dan letak geografis dst. Artinnya kita membagi-bagi konsumen berdasarkan ciri-ciri tertentu dari konsumen dan berhubungan dengan produk yangkita pasarkan.
2. Targetting
Dan kemudian langkah selanjutnya yang diambil dalam strategi pemesaran adalah Targetting, yakni dimana kita akan melakukan targetting atau membidik target market yang telah kita pilih dalam analisa
segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja serangkaian program pemasaran
yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak
kita tuju.
contoh; misalnya ada sebuah produk tas yang mahal dan bermerek, maka kemudian sebagai strategi targetting ini penjualan tas-tas yang mahal ini di buka pada toko-toko atau mall yang para konsumennya adalah orang-orang yang berduit.
3. Positioning
Langkah ini artinya adalah menciptpakan keunikan posisi produk dalam
benak atau persepsi pelanggan potensial yang akan dibidik. Mobil mewah
BMW selalu mencitrakan dan memposisikan dirinya sebagai kendaraan mewah
nan elegan. Pada sisi lain Esia selalu mencoba memposisikan dirinya
sebegai produk rakyat kebanyakan yang murah dan tersedia dimana-mana.
Positioning yang pas ini menjadi sangat penting, sebab dengan begitu
mereka bisa meraih simpati dalam benak pelanggan. Dan selanjutnya hal
ini bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk yang
ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar