Selasa, 01 Mei 2012

TUGAS MATA KULIAH MANAJEMEN

STP (Segmentasi, Targetting and Positioning)

            Dalam strategi manajemen pemasaran diperlukan adannya suatu strategi awal yang harus dibuat agar dapat mencapai hasil pemasaran yang maksimal, dengan menggunakan strategi STP, sebagai berikut:

1. Segmentasi
           
            Sebagai langkah awal kita harus membagi potensi pasar menjadi beberapa kelompok, berdasarkan beberapa hal; berdasarkan umur, pendidikan, ekonomi, jenis kelamin dan letak geografis dst. Artinnya kita membagi-bagi konsumen berdasarkan ciri-ciri tertentu dari konsumen dan berhubungan dengan produk yangkita pasarkan.

2. Targetting


           Dan kemudian langkah selanjutnya yang diambil dalam strategi pemesaran adalah Targetting, yakni dimana kita akan melakukan targetting atau membidik target market yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju. 

contoh; misalnya ada sebuah produk tas yang mahal dan bermerek, maka kemudian sebagai strategi targetting ini penjualan tas-tas yang mahal ini di buka pada toko-toko atau mall yang para konsumennya adalah orang-orang yang berduit.

3. Positioning

              Langkah ini artinya adalah menciptpakan keunikan posisi produk dalam benak atau persepsi pelanggan potensial yang akan dibidik. Mobil mewah BMW selalu mencitrakan dan memposisikan dirinya sebagai kendaraan mewah nan elegan. Pada sisi lain Esia selalu mencoba memposisikan dirinya sebegai produk rakyat kebanyakan yang murah dan tersedia dimana-mana.



           Positioning yang pas ini menjadi sangat penting, sebab dengan begitu mereka bisa meraih simpati dalam benak pelanggan. Dan selanjutnya hal ini bisa mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar